Selasa, 20 Oktober 2015

Strategi Pemasaran Internasional dan Profile Perusahaan Nestle



STRATEGI PERUSAHAAN NASIONAL

1.1 Latar Bekalang
Bagaimana menjalankan roda bisnis di pasar-pasar internasional ? yakni, apakah akan mengekspor, merundingkan suatu pemberian lisensi atau pertanian waralaba, mendirikan usaha patungan, atau mendirikan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya. Meskipun secara prinsip pilihan pasar dan cara masuk merupakan keputusan yang terpisah, karakteristik khusus negara dan juga jalan masuk pasar internasional serta strategi ekspansi akan berdampak pula atas pilihan cara masuk.
Kita ambil contoh disini adalah Perusahaan Nestle, Nestlé adalah sebuah perusahaan multinasional di Vevey, Swiss yang bergerak dalam bidang makanan. Didirikan pada tahun 1867 oleh Henri Nestlé. Perusahaan ini menghasilkan makanan dan minuman seperti makanan bayi, susu, kopi, cokelat, dan lain-lain. Perusahaan ini masuk dalam bursa saham SWX Swiss Exchange. Pada tahun 1842. Nestlé mulai tumbuh dan berkembang menjadi sebuah perusahaan makanan terbesar di dunia, serta perusahaan makanan dan minuman yang telah di percaya oleh banyak orang di seluruh dunia secara turun temurun hingga sekarang. Perusahaan Nestlé tersebar di seluruh mancanegara, Nestlé berkomitmen untuk tetap mengembangkan produk-produk melalui inovasi dan renovasi demi memuaskan kebutuhan konsumennya di seluruh dunia.

1.2 Strategi Pasar Yang Digunakan

Pemasaran adalah aliran produk secara fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara ke konsumen. Pemasaran melibatkan banyak kegiatan yang berbeda yang menambah nilai produk pada saat produk bergerak melalui sistem tersebut. Jadi untuk memasarkan produknya agar sampai ditangan konsumen Perusahaan Nestlé menerapkan 4 Poin yaitu
  ·         Geographic Segmentation  ·         Demographic Segmentation 

·         Mass Customization           ·         Location Strategy
 
1.         Geographic Segmentation diartikan pembagian disuatu wilayah dalam beberapa bagian yang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan dengan tujuan untuk memudahkan dalam perputaran produknya. Contoh : Perusahaan telah memiliki segmentasi diseluruh Negara dan di setiap ibukota provinsi lalu mereka membagi daerah tersebut menjadi bagian utara, timur, selatan, dan barat. Sehingga dapat mudah bagi perusahaan untuk bekerja secara efisien pada manajemen rantai pasokan produk perusahaan tersebut.

2.         Demographic Segmentation yaitu suatu strategi pemasaran yang erat kaitannya dengan penduduk yang ada disuatu Negara. Trend demografi dapat menjadi kekuatan utama yang mendasari kekuatan pasar faktor pertimbangan perusahaan untuk memasarkan produk nya ke suatu negara,. Beberapa variabel demografi meliputi umur, pendapatan, pendidikan dan letak grografi. Nestlé pun selalu melakukan riset ke sebuah negara dengan melakukan survey populasi, pendapatan per kapita, jenis kelamin, serta umur. Jadi Nestlé ini memproduksi barang yang mengenai semua kalangan mulai dari bayi, balita, remaja sampai pada orang tua, dalam produk yang dihasilkan. Disamping itu dalam pengembangan produknya Nestlé melakukan banyak penelitian untuk meningkatkan nilai gizi pada produk nya.Tempat penelitian Nestlé adalah “Nestlé Research Center” yang menggunakan teknologi mutahir untuk menguji makanan dan minuman yang bergizi dan aman dikonsumsi masyarakat luas.
 
3.      Mass Customization, Strategi ini merupakan strategi pembuatan produk dan jasa yang semakin unik, secara cepat dan murah. Strategi ini diciptakan dengan maksud untuk lebih banyak lagi menarik perhatian konsumen. Dengan menciptakan berbagai macam jenis produk dengan jumlah yang tinggi. Alasan dasar penerapan strategi ini adalah konsumen memiliki permintaan yang tidak tetap. Selera pasar selalu berubah-ubah. 

4.      Location Strategy, Keputusan Lokasi sering bergantung kepada tipe bisnis. Untuk keputusan lokasi industri, strategi yang digunakan biasanya adalah strategi untuk meminimalkan biaya, sedangkan untuk bisnis eceran dan jasa profesional, strategi yang digunakan terfokus pada memaksimalkan pendapatan. Pemilihan lokasi Nestlé sendiri adalah dengan alasan untuk mendapatkan bahan baku dari komoditi terbaik. Seperti; komoditi kopi terbaik, di Lampung untuk Panjang Factory (Nescafe) dan kualitas susu terbaik, di Pasuruan untuk Kejayan factory (Dancow). Dengan demikian Nestle telah mengurangi biaya operasional berupa biaya angkut bahan baku.

Berikut ini adalah beberapa Produk yang dihasilkan oleh PT Nestlé :

1.     Aneka Permen dan Coklat, yang paling terkenal adalah permen “FOXS” dan tempat diproduksinya di Kota Tanggerang,  Banten
2.    Kopi dan Minuman, salah satu produk kopi dan minuman Nestlé yang terkenal di Indonesia adalah kopi dengan jenis “NESCAFE”. Untuk produksi kopi sendiri terletak di kota Lampung, Panjang Factory
3.      Makanan yang baik untuk anak (Nutrisi anak), produk yang paling terkenal adalah susu dengan merk “DANCOW” tempat produksinya di Pasuruan, Jawa Timur

Contoh peran aktif Nestle pada masyarakat :
Nescafé - merk kopi terbesar di dunia juga merupakan kekuatan utama membantu petani kopi di seluruh dunia melalui penyediaan planlet kopi berkualitas tinggi, praktek pertanian ditingkatkan dan perbaikan lingkungan - dari biji kopi ke cangkir konsumen. 

1.3 Ekonomi
Evaluasi strategi termasuk mempertimbangkan tentang ekonomi, terutama inflasi dan dasar kondisi kesehatan ekonomi yang diukur dari tingkat pengangguran dan pertumbuhan ekonomi. Investasi pada Nestle padat modal membutuhkan waktu yang tepat pada situasi ekonomi yang sehat daripada saat ekonomi lesu. Biasanya dalam kenyataan lapangan cukup dengan melihat kondisi ekonomi pada umunya akan dapat mengukur kesehatan ekonomi indus-tri individual.

1.4  Kebudayaan
Bahwa arah perubahan budaya dapat mendatangkan ancaman dan peluang sepanjang ada kesuaian dengan peru-sahaan. Pendirian cabang pabrik Nestle harus memperhatikan budaya perusahaan yang berlaku di duatu negara. Selain itu perusahaan Nestle selalu bisa melihat kebudayaan masyarakat yang berkembang di suatu Negara sehingga Nestle dapat mencocokkan produk nya dengan sebuah negara dan dapat menentukan strategi harga yang baik serta cocok untuk Negara tersebut .

 1.5 Kesimpulan
 Nestle merupakan perusahaan yang berkesinambungan untuk mengkombinasikan ilmu dan teknologi guna menyediakan produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia akan makanan dan minuman bergizi, serta aman untuk dikonsumsi serta lezat rasanya. Dan dapat mampu bekerja sama dengan Indonesia dengan cara mempekerjakan 2.600 karyawan diindonesia  untuk menghasilkan beragam produk Nestlé di tiga pabrik: Pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW, BEAR BRAND, dan NESTLÉ  DANCOW IDEAL;

Refrensi :
https://desiariska93.wordpress.com/2014/05/30/proses-bisnis-pada-pt-nestle-indonesia/

2 komentar:

  1. Cukup bagus...,
    Antara Materi Manajemen dengan Contoh Soal, sangat aplikatif

    Walau terlambat tetap bagus

    BalasHapus
  2. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    BalasHapus