STRATEGI PERUSAHAAN NASIONAL
1.1 Latar
Bekalang
Bagaimana menjalankan roda bisnis di pasar-pasar internasional ? yakni,
apakah akan mengekspor, merundingkan suatu pemberian lisensi atau pertanian
waralaba, mendirikan usaha patungan, atau mendirikan anak perusahaan yang
dimiliki sepenuhnya. Meskipun secara prinsip pilihan pasar dan cara masuk
merupakan keputusan yang terpisah, karakteristik khusus negara dan juga jalan
masuk pasar internasional serta strategi ekspansi akan berdampak pula atas
pilihan cara masuk.
Kita ambil contoh disini
adalah Perusahaan Nestle, Nestlé
adalah sebuah perusahaan multinasional di Vevey, Swiss yang bergerak dalam
bidang makanan. Didirikan pada tahun 1867 oleh Henri Nestlé. Perusahaan ini
menghasilkan makanan dan minuman seperti makanan bayi, susu, kopi, cokelat, dan
lain-lain. Perusahaan ini masuk dalam bursa saham SWX Swiss Exchange. Pada
tahun 1842. Nestlé mulai tumbuh dan berkembang menjadi sebuah perusahaan
makanan terbesar di dunia, serta perusahaan makanan dan minuman yang telah di
percaya oleh banyak orang di seluruh dunia secara turun temurun hingga
sekarang. Perusahaan Nestlé tersebar di seluruh mancanegara, Nestlé berkomitmen
untuk tetap mengembangkan produk-produk melalui inovasi dan renovasi demi
memuaskan kebutuhan konsumennya di seluruh dunia.
1.2 Strategi Pasar Yang Digunakan
Pemasaran adalah aliran produk
secara fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara ke konsumen.
Pemasaran melibatkan banyak kegiatan yang berbeda yang menambah nilai produk
pada saat produk bergerak melalui sistem tersebut. Jadi untuk
memasarkan produknya agar sampai ditangan konsumen Perusahaan Nestlé menerapkan 4 Poin yaitu
·
Geographic Segmentation · Demographic Segmentation
· Mass Customization · Location Strategy
1.
Geographic Segmentation diartikan pembagian
disuatu wilayah dalam beberapa bagian yang dilakukan oleh perusahaan yang
bersangkutan dengan tujuan untuk memudahkan dalam perputaran produknya. Contoh
: Perusahaan telah memiliki segmentasi diseluruh Negara dan di setiap ibukota
provinsi lalu mereka membagi daerah tersebut menjadi bagian utara, timur,
selatan, dan barat. Sehingga dapat mudah bagi perusahaan untuk bekerja secara
efisien pada manajemen rantai pasokan produk perusahaan tersebut.
2.
Demographic Segmentation yaitu suatu
strategi pemasaran yang erat kaitannya dengan penduduk yang ada disuatu Negara.
Trend demografi dapat menjadi kekuatan utama yang mendasari kekuatan pasar faktor pertimbangan perusahaan untuk
memasarkan produk nya ke suatu negara,. Beberapa variabel demografi meliputi
umur, pendapatan, pendidikan dan letak grografi. Nestlé pun selalu melakukan riset ke sebuah negara dengan
melakukan survey populasi, pendapatan per kapita, jenis kelamin, serta umur. Jadi
Nestlé ini memproduksi barang yang mengenai semua kalangan mulai dari bayi,
balita, remaja sampai pada orang tua, dalam produk yang dihasilkan. Disamping
itu dalam pengembangan produknya Nestlé melakukan banyak penelitian untuk
meningkatkan nilai gizi pada produk nya.Tempat penelitian Nestlé adalah “Nestlé Research
Center” yang menggunakan teknologi mutahir untuk menguji makanan dan minuman
yang bergizi dan aman dikonsumsi masyarakat luas.
3.
Mass Customization, Strategi ini
merupakan strategi pembuatan produk dan jasa yang semakin unik, secara cepat
dan murah. Strategi ini diciptakan dengan maksud untuk lebih banyak lagi
menarik perhatian konsumen. Dengan menciptakan berbagai macam jenis produk
dengan jumlah yang tinggi. Alasan dasar penerapan strategi ini adalah konsumen
memiliki permintaan yang tidak tetap. Selera pasar selalu berubah-ubah.
4.
Location Strategy, Keputusan
Lokasi sering bergantung kepada tipe bisnis. Untuk keputusan lokasi industri,
strategi yang digunakan biasanya adalah strategi untuk meminimalkan biaya,
sedangkan untuk bisnis eceran dan jasa profesional, strategi yang digunakan
terfokus pada memaksimalkan pendapatan. Pemilihan lokasi Nestlé sendiri adalah
dengan alasan untuk mendapatkan bahan baku dari komoditi terbaik. Seperti;
komoditi kopi terbaik, di Lampung untuk Panjang Factory (Nescafe) dan kualitas
susu terbaik, di Pasuruan untuk Kejayan factory (Dancow). Dengan demikian
Nestle telah mengurangi biaya operasional berupa biaya angkut bahan baku.
Berikut ini adalah beberapa Produk yang dihasilkan oleh PT
Nestlé :
1. Aneka Permen dan Coklat, yang paling
terkenal adalah permen “FOXS” dan tempat diproduksinya di Kota
Tanggerang, Banten
2. Kopi dan Minuman, salah satu produk kopi dan minuman Nestlé yang terkenal di Indonesia adalah kopi dengan jenis “NESCAFE”. Untuk
produksi kopi sendiri terletak di kota Lampung, Panjang Factory
3.
Makanan
yang baik untuk anak (Nutrisi anak), produk yang paling terkenal adalah susu
dengan merk “DANCOW” tempat produksinya di Pasuruan,
Jawa Timur
Contoh peran aktif Nestle pada
masyarakat :
Nescafé - merk kopi terbesar di
dunia juga merupakan kekuatan utama membantu petani kopi di seluruh dunia
melalui penyediaan planlet kopi berkualitas tinggi, praktek pertanian
ditingkatkan dan perbaikan lingkungan - dari biji kopi ke cangkir konsumen.
1.3 Ekonomi
Evaluasi
strategi termasuk mempertimbangkan tentang ekonomi, terutama inflasi dan dasar
kondisi kesehatan ekonomi yang diukur dari tingkat pengangguran dan pertumbuhan
ekonomi. Investasi pada Nestle padat modal membutuhkan waktu yang tepat pada
situasi ekonomi yang sehat daripada saat ekonomi lesu. Biasanya dalam kenyataan
lapangan cukup dengan melihat kondisi ekonomi pada umunya akan dapat mengukur
kesehatan ekonomi indus-tri individual.
1.4 Kebudayaan
Bahwa arah perubahan budaya dapat mendatangkan ancaman dan peluang sepanjang ada kesuaian dengan peru-sahaan. Pendirian cabang pabrik Nestle harus memperhatikan budaya perusahaan yang berlaku di duatu negara. Selain itu perusahaan Nestle selalu bisa melihat kebudayaan masyarakat yang berkembang di suatu Negara sehingga Nestle dapat mencocokkan produk nya dengan sebuah negara dan dapat menentukan strategi harga yang baik serta cocok untuk Negara tersebut .
Bahwa arah perubahan budaya dapat mendatangkan ancaman dan peluang sepanjang ada kesuaian dengan peru-sahaan. Pendirian cabang pabrik Nestle harus memperhatikan budaya perusahaan yang berlaku di duatu negara. Selain itu perusahaan Nestle selalu bisa melihat kebudayaan masyarakat yang berkembang di suatu Negara sehingga Nestle dapat mencocokkan produk nya dengan sebuah negara dan dapat menentukan strategi harga yang baik serta cocok untuk Negara tersebut .
1.5 Kesimpulan
Refrensi :
https://desiariska93.wordpress.com/2014/05/30/proses-bisnis-pada-pt-nestle-indonesia/
Cukup bagus...,
BalasHapusAntara Materi Manajemen dengan Contoh Soal, sangat aplikatif
Walau terlambat tetap bagus
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id